Selasa, 19 Februari 2019

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 8 Minggu

Janin Usia Kehamilan 8 Minggu
Janin Usia Kehamilan 8 Minggu
Selama perkembangan janin selama 8 minggu kehamilan Anda, bayi Anda seukuran kacang merah dan sekitar 2,7 cm. Bayi terus bergerak dan mengetahui perkembangan tubuh Anda.

Melihat jari-jari tangan dan kaki bayi itu adalah salah satu kesenangan kami di hari pertama kelahiran. Minggu ini, tangan dan kaki bayi Anda baru saja mulai terbentuk. Namun, bayi Anda hanya bisa menekuk siku dan pergelangan tangannya. Mata bayi akan lebih jernih karena retina sudah mulai mengembangkan pigmen. Selain itu, usus terus tumbuh dan tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup di perut untuk ususnya hingga melampaui tali pusar sampai minggu ke-12.

Pada perkembangan janin pada usia 8 minggu, alat kelamin bayi mulai terbentuk. Namun, itu tidak cukup untuk mengetahui apakah anak Anda akan laki-laki atau perempuan.

Apa perubahan dalam tubuh ibu pada minggu ke-8 ?

Pada tahap perkembangan janin setelah 8 minggu, Anda bisa merasakan bra yang lebih ketat yang Anda kenakan, sehingga Anda akan membutuhkan ukuran yang lebih besar. Ya, peningkatan kadar hormon menyebabkan peningkatan volume payudara untuk produksi ASI.

Jadi, jangan heran jika dada Anda tiba-tiba membesar, terutama jika ini adalah kehamilan pertama Anda. Jangan khawatir, ini adalah tanda yang sangat normal selama kehamilan. Yang Anda butuhkan hanyalah membeli bra dengan ukuran lebih besar.

Pertahankan kehamilan yang berlangsung 8 minggu

Morning sickness dapat melelahkan banyak ibu. Lihat tips berikut untuk mengurangi mual di pagi hari selama kehamilan:

  • Perhatikan konsumsi makanan Anda. Pilih makanan kaya karbohidrat, rendah lemak dan mudah dicerna. Hindari makanan berlemak, berlemak, dan pedas. Hindari juga berbagai makanan yang dapat menyebabkan mual, seperti makanan yang memiliki bau busuk seperti durian.
  • Kembangkan ngemil. Lebih baik makan sedikit, tetapi sering, daripada makan dengan porsi penuh tiga kali sehari. Faktanya, perut Anda akan kosong pada satu waktu atau yang lain dan memperburuk mual Anda. Untuk mengatasi mual, Anda juga bisa makan permen, buah-buahan atau popcorn rendah gula.
  • Minum banyak cairan. Minumlah air putih atau teh jahe. Kehamilan dapat meningkatkan produksi urin, yang membuat Anda buang air kecil lebih banyak dan lebih rentan terhadap dehidrasi. Jadi, pastikan Anda memiliki cukup air.
  • Hirup udara segar. Dalam cuaca yang baik, buka jendela rumah atau kantor Anda dan berjalan-jalan di pagi hari, karena udara segar dapat membuat Anda merasa mual.
  • Hati-hati mengonsumsi vitamin. Jika Anda merasa mual setelah mengonsumsi vitamin, bawalah dengan camilan atau minuman. Anda juga dapat mencegah mual dengan mengunyah permen karet atau mengunyah permen karet segera setelah mengonsumsi vitamin.
  • Coba akupunktur atau akupresur. Meskipun efektivitasnya belum diuji, beberapa wanita mengatakan mereka merasa lebih baik setelah mengambil perawatan ini. Akupresur merangsang beberapa titik tubuh melalui tekanan. Anda juga dapat membeli gelang akupresur di beberapa apotek tanpa perlu resep dokter. Dalam akupunktur, jarum halus akan dimasukkan ke dalam tubuh Anda. Banyak wanita merasa terbantu dengan metode ini, tetapi Anda harus melakukannya dengan ahli akupunktur bersertifikat.


Apa yang perlu saya bicarakan dengan dokter pada minggu ke 8 ?

Bicaralah dengan dokter Anda tentang kekhawatiran Anda tentang pengembangan janin berusia 8 minggu. Anda mungkin bertanya-tanya zat apa yang membuat kecanduan makanan tertentu atau berapa banyak kafein yang aman untuk dikonsumsi. Selalu tanyakan kepada dokter Anda tentang pertanyaan-pertanyaan ini.

Jika Anda memiliki tanda dan gejala yang terlihat tidak normal, segera kunjungi dokter.

Tes yang mungkin diperlukan pada usia kehamilan 8 minggu

Munculnya bercak darah di pakaian dalam atau kertas toilet setelah buang air kecil, atau perdarahan, relatif umum terjadi pada awal kehamilan. Bahkan seperempat wanita hamil mengalami fenomena ini.

Ini bisa terjadi selama kehamilan, tetapi ini kadang-kadang bisa menjadi tanda pertama keguguran. Jika Anda melihat ada perdarahan atau perdarahan, hubungi dokter Anda untuk saran dan pemeriksaan lebih lanjut.

Apa yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama kehamilan ?

Kehamilan tidak berarti bahwa ini adalah alasan Anda untuk tidak melakukan aktivitas fisik apa pun, termasuk olahraga. Selama kehamilan, Anda harus tetap aktif. Hanya saja Anda harus membatasi latihan yang terlalu berat dan berisiko tinggi.

Tanyakan kepada dokter Anda apa aktivitas fisik dan latihan apa yang ideal untuk kondisi kehamilan Anda.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 8 Minggu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nagita Amelia

0 komentar:

Posting Komentar