Selasa, 19 Februari 2019

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 Minggu

Janin Usia Kehamilan 9 Minggu
Janin Usia Kehamilan 9 Minggu
Dalam perkembangan janin 9 minggu, ukuran janin kira-kira sebesar buah anggur, beratnya sekitar 28 gram dan panjang 2,54 cm.

Ekor bayi telah menyempit dan hampir menghilang minggu ini. Namun, kepala bayi terus tumbuh dan cukup besar dibandingkan bagian tubuhnya yang lain. Dalam perkembangan janin berusia 9 minggu, berat kepala bayi Anda sekitar 3 gram. Hidung juga telah berkembang dan bisa dilihat dengan USG, kulit mata mulai membentuk kelopak mata. Anda dapat melihat kelopak mata yang lebih ringan selama USG dalam beberapa minggu.

Sistem pencernaan bayi terus tumbuh, usus memanjang dan secara bertahap membentuk anus. Selain itu, organ reproduksi (testis atau ovarium) akan mulai terbentuk minggu ini.

Saat otot bertambah besar, gerakan pertama bisa terjadi minggu ini. Namun, Anda tidak bisa merasakan gerakan ini langsung melalui perut, tetapi hanya saat ultrasound.

Apa saja perubahan dalam tubuh wanita hamil pada minggu ke-9 ?

Ketika aliran darah dalam tubuh terus meningkat, Anda mungkin mengalami pusing, sering buang air kecil, pembengkakan pembuluh darah di tangan dan kaki Anda, atau mimisan.

Pendarahan dapat terjadi selama tiga bulan pertama kehamilan dan tidak selalu mengkhawatirkan. Namun, itu juga bisa menjadi tanda kehamilan ektopik atau keguguran. Kemudian temui dokter segera jika Anda mengalami pendarahan yang dianggap tidak wajar.

Pertahankan kehamilan yang berlangsung 9 minggu

Pada perkembangan janin 9 minggu, perut Anda mungkin tidak terlalu besar. Namun, jika Anda bekerja dan tubuh Anda mulai menunjukkan tanda-tanda kehamilan yang jelas, Anda harus segera memberi tahu atasan, rekan kerja, atau tim Anda di kantor.

Beberapa perusahaan dapat meringankan beban kerja karyawan mereka selama kehamilan. Diskusikan dengan bos Anda atau perubahan bos dalam alur kerja selama kehamilan Anda.

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter pada minggu ke-9 ?

Beberapa wanita mungkin mengalami serangan migrain lebih sering selama kehamilan. Peneliti masih belum tahu mengapa ini bisa terjadi. Jika Anda memiliki riwayat migrain, bicarakan dengan dokter Anda tentang obat anti-migrain yang dapat Anda gunakan dengan aman selama kehamilan.

Jika Anda tahu penyebab migrain Anda, cobalah untuk menghindari pemicunya. Stres, cokelat, keju, dan kopi adalah penyebab paling umum dari migrain.

Tes yang mungkin diperlukan pada usia kehamilan 9 minggu

Bakterial vaginosis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan yang hidup di beberapa saluran kecil vagina. Vaginosis bakteri mungkin tidak menunjukkan gejala. Namun, jika gejalanya muncul, biasanya bau amis (bau ini biasanya muncul setelah berhubungan seks) atau sedikit busa keluar dari vagina.

Anda juga mungkin mengalami iritasi atau gatal di sekitar vagina dan vulva, meskipun setidaknya setengah dari wanita dengan bakteri vaginosis tidak memiliki gejala. Vaginosis bakteri meningkatkan risiko kelahiran prematur dan ketuban pecah dini. Karena itu, jika Anda memiliki gejala infeksi vagina atau risiko kelahiran prematur, beri tahu dokter Anda agar Anda dites dan minum antibiotik.

Apa yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama kehamilan ?

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mendukung perkembangan kehamilan 9 minggu meliputi:

1. Gunakan semprotan untuk semut dan kecoak

Kebanyakan semprotan semut dan kecoak sering dianggap berbahaya karena mengandung pestisida dan bahan kimia berbahaya. Namun demikian, para ilmuwan belum menemukan bukti yang cukup tentang efek samping yang mungkin dimiliki oleh penggunaan semut dan kecoak.

Secara umum, ada sedikit informasi tentang obat serangga yang saat ini dijual. Sebagai tindakan pencegahan, cobalah untuk menghindari zat yang mengandung bahan kimia berbahaya.

2. teh herbal

Tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi teh herbal tidak aman untuk wanita hamil. Bahkan dalam kasus ini, Anda harus menghindari teh dengan efek farmakologis (yang mempengaruhi tubuh Anda). Hindari juga teh yang dapat merangsang kontraksi uterus atau menstruasi, seperti black cohosh atau teh hijau.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 Minggu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nagita Amelia

0 komentar:

Posting Komentar