Selasa, 19 Februari 2019

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 6 Minggu

Janin Usia Kehamilan 6 Minggu
Janin Usia Kehamilan 6 Minggu
Pada pertumbuhan janin 6 minggu, bayi Anda telah sebesar kacang dengan ukuran 2-5 mm dari puncak kepala sampai bokong.

Di minggu ini, benak dan sistem saraf janin berkembang paling cepat. Perkembangan matanya telah mulai terbentuk dengan ditandai titik gelap. Sementara telinganya terlihat berbentuk laksana lekukan kecil di sisi kepala.

Jantung janin mulai berdetak dan bisa dideteksi melewati USG. Sistem pencernaan dan pernapasan bayi bakal mulai terbentuk dengan baik. Sel-sel tunas bakal berkembang menjadi akan lengan dan kaki.

Bagaimana evolusi pada tubuh ibu di minggu ke 6 ?

Pada tahap pertumbuhan janin 6 minggu ini, Anda barangkali akan menikmati lebih tidak sedikit tanda-tanda kehamilan daripada minggu lalu. Berikut sejumlah tips untuk menolong Anda melalui periode ini.

  • Perhatikan tubuh Anda. Jika kita merasa lelah segera beristirahatlah. Jangan memaksakan diri guna bekerja atau melakukan kegiatan fisik lainnya.
  • Minta bantuan. Jangan sungkan guna meminta pertolongan pada suami Anda. Bila perlu, ucapkan apa yang sedang kita rasakan untuk pasangan Anda. Jika rekan atau family menawarkan pertolongan jangan menolaknya.
  • Tidur yang cukup. Jika kita terus-menerus mengantuk, luangkanlah lebih tidak sedikit waktu guna tidur. Jika memungkinkan, tidurlah lebih awal supaya waktu istirahat Anda dapat lebih lama.
  • Makan teratur. Untuk mengawal energi, Anda membutuhkan pasokan bahan bakar dari makanan. Pastikan Anda mengisi asupan protein dan karbohidrat sekitar kehamilan. Di samping itu, pastikan pun Anda mendapatkan lumayan kalori.
  • Rasa mual dapat menciptakan Anda tidak nafsu makan. Pilih makanan yang gampang Anda santap seperti bubur dan sup. Tambahkan tidak banyak jahe untuk menolong mengurangi rasa mual.
  • Terus bergerak. Kehamilan bukan dalil untuk tidak melakukan kegiatan sama sekali. Berusahalah guna tetap bergerak dengan mengerjakan berbagai kegiatan fisik yang enteng dan mudah. kita dapat berlangsung santai sekitar 30 menit atau berenang di pagi hari. Ini akan menciptakan Anda berenergi dan menolong Anda istirahat lebih lelap di malam hari.


Konsultasikan dengan dokter andai rasa lelah kita tidak berkurang atau meningkat parah. Mungkin ada penyebab beda untuk keletihan Anda. Dokter dapat menyerahkan diagnosis yang tepat.

Menjaga Janin Usia Kehamilan 6 Minggu

Anda mungkin cemas dengan seringnya kita buang air kecil. Jangan khawatir sebab hal ini sangatlah normal. Hormon kehamilan HCG mengakibatkan Anda jadi tidak jarang buang air kecil. Hal ini menambah aliran darah ke ginjal untuk melemparkan kotoran dari tubuh kita dan bayi Anda. Ingat, kita buang air tidak melulu untuk Anda, tetapi pun untuk sang bayi.

Berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk menyokong perkembangan janin 6 minggu:

  • Condongkan badan ke depan saat buang air kecil. Ini menolong mengosongkan kandung kemih. Ketika berlalu buang air, buang airlah lagi guna meyakinkan bahwa kandung kemih kita benar-benar kosong, agar tidak bolak-balik ke kamar mandi.
  • Banyak minum. Jangan fobia minum sebab jadi tidak jarang buang air kecil. Pasalnya, tubuh kita dan bayi kita membutuhkan tidak sedikit cairan sekitar masa kehamilan, diperbanyak juga dehidrasi dapat mengakibatkan infeksi drainase kemih.
  • Hindari kafein. Kafein mengakibatkan Anda semakin tidak jarang buang air kecil.


Gejala ini memang paling mengganggu, namun buang air dapat menolong membuang seluruh kotoran dari tubuh kita dan bayi Anda.

Apa yang butuh saya diskusikan dengan dokter Janin Usia Kehamilan 6 Minggu ?

Pada pertumbuhan janin 6 minggu kehamilan ini, euforia kehamilan dapat pulang menjadi rasa takut. Ada tidak sedikit ketakutan yang mungkin mendekat Anda, terutama andai ini ialah kehamilan kesatu Anda.

Ini ialah hal yang normal. Janganlah merasa tertekan. Dokter bisa meyakinkan kita bahwa bayi kita baik-baik saja. Jika Anda merasakan tanda dan fenomena yang dirasa tak wajar, segeralah konsultasi ke dokter.

Tes yang mungkin diperlukan di umur kehamilan 6 minggu

Anda bakal menjalani tes jasmani saat berangjangsana ke dokter laksana menimbang berat badan, tinggi badan, desakan darah, serta kesehatan kita secara keseluruhan.

Beberapa tes darah dapat dilaksanakan selama trafik kesatu guna menilai kelompok darah kita (A, B, AB atau O) dan hal Rh (Rh positif atau Rh negatif), dan menilai apakah kita masih mempunyai kekebalan terhadap sejumlah penyakit dari imunisasi sebelumnya, laksana rubella dan hepatitis B.

Apa saja yang butuh saya ketahui untuk mengawal kesehatan dan keselamatan sekitar hamil ?

1. Risiko keguguran

Sebuah riset memperkirakan 10-20 persen perempuan hamil berisiko merasakan keguguran. Biasanya, penyebab keguguran dini ialah kelainan pada kromosom atau sejumlah masalah dalam pengembangan embrio. Penyebab beda dari keguguran mula yaitu:

  • Kelainan pada kromosom dari ayah/ ibu atau keduanya
  • Gangguan pembekuan darah
  • Kelainan serviks atau rahim
  • Hormon yang tidak seimbang
  • Sistem imun merusak proses transplantasi embrio


Jika Anda cemas akan keguguran, konsentrasi pada mengurus diri sendiri dan janin. Jauhi hal-hal yang dapat merangsang keguguran, seperti mengisap rokok dan minum alkohol. 

2. Penyalahgunaan vitamin tertentu

Meski perempuan hamil membutuhkan tidak sedikit nutrisi, mengonsumsi terlalu tidak sedikit vitamin pun tidak baik guna Anda. Dalam sejumlah kasus, vitamin bahkan dapat berbahaya untuk Anda dan kandungan Anda.

Konsultasikan dengan dokter tentang obat-obatan yang kita gunakan. Terlalu tidak sedikit obat-obatan, walaupun obat itu diangap paling aman dan tanpa resep, tetap tidak aman guna wanita hamil.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 6 Minggu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nagita Amelia

0 komentar:

Posting Komentar