Jumat, 01 Februari 2019

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 3 Minggu

Janin Usia Kehamilan 3 Minggu
Janin Usia Kehamilan 3 Minggu
Pada tahap perkembangan janin setelah 3 minggu kehamilan, Anda biasanya tidak merasakan tanda-tanda kehamilan. Namun demikian, dalam perkembangan kehamilan 3 minggu ini, janin berkembang dan berkembang dalam rahim.

Telur yang dibuahi akan mengalami pembelahan sel. Sekitar 30 jam setelah pembuahan, sel telur akan dibagi menjadi dua sel, lalu empat sel, lalu delapan sel, dan akan terus membelah sampai mereka berpindah dari saluran tuba ke rahim. Saat bepergian di dalam rahim, kelompok sel ini terlihat seperti bola kecil yang disebut embrio.

Kemudian embrio ini akan berlubang dan diisi dengan cairan yang disebut blastocyst. Menjelang akhir minggu, blastokista cair akan menempel pada lapisan rahim. Ini disebut implantasi atau penanaman. Implan dalam rahim ini menciptakan endometrium, tempat untuk menyediakan nutrisi dan mengeluarkan embrio yang sedang berkembang. Kemudian, implan akan tumbuh di plasenta, yang akan membantu merawat bayi Anda dalam 9 bulan ke depan.

Apa perubahan di tubuh saya ?

Pada tahap perkembangan janin ini 3 minggu, tubuh Anda akan mengalami beberapa perubahan untuk mendorong pembuahan sel telur. Pada titik ini, Anda mungkin tidak tahu kehamilan Anda. Pada akhir minggu ini, Anda mungkin melihat tambalan kecil yang disebut "pelacakan implantasi". Ini adalah sel telur yang telah dibuahi yang telah melekat pada dinding rahim Anda. Tidak semua wanita mengalami bercak dan beberapa wanita mengalami bercak pada saat yang sama dengan jadwal menstruasi mereka.

Apa yang harus saya perhatikan ?

Morning sickness (terkadang disertai dengan ngidam) adalah salah satu gejala yang sering terjadi selama kehamilan, walaupun tidak semua wanita mengalaminya. Penelitian menunjukkan bahwa hampir tiga perempat wanita yang merasa ingin muntah mengalami mual di pagi hari. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang tidak menginginkan atau yang hanya sesekali merasa mual ringan, Anda adalah orang yang sangat beruntung.

Tiga dari empat wanita hamil menderita mual di pagi hari setiap hari. Namun, yakinlah, bahkan jika nafsu makan dan penurunan berat badan Anda menurun selama tiga bulan pertama kehamilan, bayi Anda tidak akan menderita karena Anda dapat memulihkan berat badan yang akan hilang dalam beberapa bulan mendatang.

Berat badan Anda akan meningkat dengan mudah karena mual dan muntah akan hilang pada pertengahan minggu ke-12 sampai minggu ke-14 kehamilan. Tidak ada penelitian untuk menentukan secara pasti penyebab morning sickness.

Apa yang perlu saya bicarakan dengan dokter pada minggu ketiga ?

Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu tentang kehamilan Anda. Dokter akan meminta Anda untuk melakukan tes kehamilan. Anda mungkin tidak perlu ke dokter sebelum minggu kedelapan kehamilan.

Tes yang mungkin diperlukan pada usia kehamilan 3 minggu

Cara terbaik untuk memastikan kehamilan Anda adalah dengan menggunakan tes kehamilan di rumah, juga disebut test kit. Anda dapat membelinya di apotek terdekat. Paket tes dapat digunakan sejak hari pertama Anda terlambat menstruasi. Anda dapat membeli beberapa untuk memastikan hasilnya.

Tes ini mengukur beberapa hormon yang ditemukan dalam urin, yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG). Hormon dilepaskan dari plasenta. Tergantung pada jenis kehamilan, hasil positif menunjukkan tanda plus atau dua garis merah.

Apa yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama kehamilan ?

Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang usia perkembangan janin setelah 3 minggu kehamilan:

1. Stres

Makan yang buruk atau makan makanan yang kurang bergizi bukanlah satu-satunya hal yang dapat membuat janin Anda khawatir. Ini tidak benar. Depresi pada wanita hamil dapat mempengaruhi bayi. Selama depresi, tubuh Anda cenderung menghasilkan bahan kimia beracun seperti hormon kekebalan yang resisten kortisol.

Wanita yang mengalami stres selama tiga bulan pertama kehamilan berisiko tinggi mengalami keguguran. Ibu yang stres akan mempengaruhi mental anak-anaknya. Anak-anak akan merasa mudah stres di masa depan. Dalam studi tentang tikus besar yang ditekankan sebagai objek, anak-anak tikus menunjukkan perilaku yang berbeda dari anak-anak dari ibu normal.

2. Alkohol, narkoba dan tembakau

Pada usia 3 minggu perkembangan janin, Anda dilarang minum alkohol, obat-obatan, dan tembakau. Zat-zat ini dapat memengaruhi kesuburan Anda, meningkatkan risiko keguguran dan menyebabkan cacat lahir pada janin. Ini juga menyebabkan beberapa cacat umum, termasuk sindrom janin, keracunan alkohol, masalah pernapasan, berat lahir rendah dan penyakit lainnya. Cari pertolongan medis segera jika Anda memiliki pertanyaan, kegelisahan atau masalah kesehatan.

Jadi janin seperti apa yang akan berkembang minggu depan ?

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 3 Minggu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nagita Amelia

0 komentar:

Posting Komentar